Langsung ke konten utama

BALADA LARA - PART 2

OMA HILDA

Secara kejiwaan Lara seperti gadis remaja kebanyakan, selalu penasaran dengan semua perubahan dan berusaha bersikap terbuka. Selalu mencoba eksis agar tidak teralienasi dengan zaman. Tapi apa boleh buat, dia memang tidak terlihat seperti  gadis remaja kebanyakan, secara fisikpun dia sedikit berbeda, kulitnya terlalu pucat, rambutnya kemerahan dan warna matanya coklat terang. Tapi dia tidak pernah mengeluhkan tentang itu, walaupun dia selalu menjadi bahan ejekan teman-temannya. Baginya mengejek dirinya berarti mengejek kuasa otomatisasi Tuhan atas salah satu ciptaannya.

Kehidupan Lara hanya berkutat antara rumah dan sekolah. Tidak banyak orang yang dekat dengannya kecuali Oma Hilda, Nikki dan Emir. Mereka berempat ada untuk saling menggenapi, seperti kaki meja untuk menampung rupa-rupa hidangan yang kelak akan disajikan di hadapan Tuhan. Kalau satu kaki hilang maka meja akan timpang, kalau dua hilang maka tumpahlah semua hidangan, kalau tiga hilang... bayangkan apa yang akan kamu lakukan pada sebatang kayu.

Dalam pusaran keempat orang inilah Lara menemukan dunianya, bukan dunia penuh warna yang menyenagkan, bukan pula sebuah dunia monokrom yang menjenuhkan. Di antara mereka Lara menemukan sebuah dunia abstrak yang bertabur warna. Sebuah keindahan otentik tapi absurd yang hanya dipahami oleh mereka berempat.

Di hadapan Oma Hila, Lara merasa menemukan mataharinya. Oma Hilda adalah pusat gravitasi sekaligus penerang, penentu arah mana yang harus dia lalui, penunjuk arah yang pasti, pembeda antara atas dan bawah. Lara bahagia setiap kali dekat dengan Oma Hilda.

Suatu ketika saat menemani Oma Hilda minum teh di beranda rumah pada suatu sore yang berangin  Oma Hilda menjelaskan kalau Lara bukanlah anak kandungnya. Sebuah pukulan telak bagi Lara, sebuah pengakuan yang menjelaskan kenapa secara fisik mereka jauh berbeda. Seketika teh yang semula manis jadi hambar, dan sore terlalu cepat berlalu menjadi malam yang pekat tanpa bintang. Lara ingin menangis tapi tak tahu menangis untuk alasan apa. Apakah dia harus menyesali cinta yang sudah diberikan Oma Hilda selama ini atau dia harus menangisi nasibnya yang berarti juga menyesali otomatisasi Tuhan atas dia?

Oma Hilda tersenyum dan bercerita kalau setiap nasib manusia itu seperti konstelasi bintang. Semua bergerak mendekat karena ada keinginan terikat satu sama lain, lalu setelah bersatu mereka bergerak indah jadi harmoni yang kadang jadi petunjuk bagi nelayan yang sesat di tengah samudera. Begitupun Oma Hilda dan Lara. Oma Hilda bertahun-tahun mendamba anak sampai suatu ketika Tuhan menitipkannya seorang bayi perempuan yang cantik di malam berhujan di akhir Desember.

“Tulisan ini...” kata Oma Hilda sambil menunjukkan pesan yang disertakan dalam kardus di mana Lara diletakkan. “Tulisan ini adalah jawaban Tuhan atas doa-doa Oma setiap malam. Tulisan ini ancaman sekaligus pengesahan dari Tuhan, bahwa Oma sudah dianggap layak dan bisa berperan sebagai seorang ibu yang ditugaskan mengasuh sebuah kehidupan. Kehidupan kamu, Lara.”

Mata Lara berkaca-kaca. Dia tidak menangisi nasibnya, karena dia sadar bahwa Tuhan mendekatkan dirinya pada Oma Hilda dengan sebuah alasan. Lara memeluk Oma Hilda. Menghirup aroma tubuh Oma Hilda yang selalu berbau aroma kayu manis, teh, kopi dan tembakau selalu menenangkan, seolah itu adalah anastesi alami, obat penawar perih  yang membuatnya kebal dari serangan derita kehidupan. 

Komentar

isni wardaton mengatakan…
Weeez daleeem nih ceritanya, :)
Syaiha mengatakan…
Nggak sabar nunggu kelanjutannya..

Postingan populer dari blog ini

HANYA SEBUAH DOA SEDERHANA

“Aku hanya ingin sebuah kehidupan yang jujur dan sederhana. Sesederhana dan sejujur kopi hitam yang kusesap saat hari gerimis.” E-mail itu aku terima sekitar tiga bulan lalu. Tak pernah ada firasat sebelumnya kalau e-mail yang sederhana itu akan mengantarkan hidupku ke dalam sebuah potongan cerita tentang kehidupan yang sedemikian rumit.             Jam sebelas malam, gerimis sejak sore. Dengan perasaan malas tapi dipaksa perut yang lapar akhirnya aku melangkah juga dari kamar kost tiga kali dua meter yang pengap ini. Tujuanku jelas, nasi goreng Bang Anwar, karena hanya di sanalah aku bisa berhutang malam-malam begini dan juga ada wifi gratisan yang bisa aku tebeng . Lumayan, aku bisa mengecek      e-mail dan facebook sekalian browsing . Siapa tahu ada informasi lowongan kerja yang bisa aku lamar.             Menyedihkan memang, di zaman yang katanya serba canggih dan era digital tanpa batas ini, tetap saja aku harus bersusah payah nebeng hotspot tetangga untuk sek

MEREKAM KENANGAN: DEMENSIA

MEREKAM KENANGAN 1 Terima kasih banyak unuk keluarga, para sahabat, guru-guru dan mantan kekasih yang sudah bersedia menjalani banyak kenangan pahit dan manis bersama. Semoga dengan saya menuliskan cerita ini bisa membangkitkan  simpul-simpul kenangan yang sempat terlupa. Sebagian besar kisah dalam cerita ini -mungkin- pernah terjadi dalam hidup saya atau mungkin juga hanya fantasi dan reaksi alam bawah sadar saya yang secara langsung atau tidak langsung tidak bisa saya filter lagi karena penyakit yang saya derita ini.             Dua hari yang lalu aku terlambat sampai ke tempat kerja. Masalahnya sederhana, di perempatan jalan terakhir menuju ke tempat kerjaku tiba-tiba saja aku salah membelokkan motor yang aku kendarai, akibatnya aku harus memutar jauh dan terjebak kemacetan yang biasanya aku hindari. Sampai di tempat kerja aku menebak-nebak kenapa aku sampai bisa salah belok, apakah aku melamun? Padahal jalur yang aku tempuh sudah enam tahun lebih aku lalui, sampai aku h

MEREKAM KENANGAN: UNTUK DIA

MEREKAM KENANGAN 3 Kutuliskan cerita ini untuk mengenang satu nama. Jakarta. Siapa sih orang di Indonesia yang tidak mengenal nama kota ini? Jakarta yang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Jakarta yang walaupun sumpek tetap saja menjadi magnet orang-orang untuk mencari peruntungan. Jakarta, yang sejak lahir sampai sekarang menjadi tempat saya hidup. Dan, di kota inilah semua cerita ini bermula. Langit sore di bulan Juli itu redup, angin gemuruh. Di sebelah selatan tampak awan hitam mulai berarak. Sesekali kilatan petir tampak diiringi suara guruh yang samar. “Buruan baris! Wooiii…. Pada ngapain ngumpul di situ?” Tidak jelas suara teriakan siapa, yang aku tahu itu pasti salah satu seniorku. “Ini cewek tengil amat. Mau beken di sini, hah?” Tiba-tiba saja semua mata menatap ke satu titik yang di tuju. Seorang gadis berkulit putih dengan rambut lurus berponi sedang bersandar di pagar sekolah. Hari ini adalah hari terakhir Masa Orientasi Siswa di salah s