Langsung ke konten utama

SUPERMAN PAKE KAIN SARUNG, terusan Narcissus...



Ini terusan dari tulisan saya yang kemaren yang judulnya “NARCISSUS MATINYA KECEBUR KOLAM”. Mohon maaf kalau mau nyari tulisan tentang NARCISSUS tolong ubek-ubek di blog saya aja ya, saya nggak tahu cara buat bikin link, rada gaptek gitu.

Terakhir sampe mana ya?? Oh iya kalau nggak salah sampe munculnya ide buat bikin Big Bang 2. Jadi begini, beberapa waktu kemarenkan saya lagi getol-getolnya tuh oprak-oprek hape android. Saya paling hobi nyoba-nyoba aplikasi baru gitu. Kalau udah rada berat, hapenya biasanya saya reset. Saya sempet mikir, alat apa aja ya yang bisa di reset? Komputer pasti lah, manusia, nggak tau juga bisa kali di cuci otak, tapi pake sabun apaan buat nyucinya?


“KETAKUTAN, KESEDIHAN, AMARAH DAN PERASAAN TERSINGKIRKAN ADALAH BAHAN BAKAR YANG PALING KUAT UNTUK MODAL KEPENULISAN.”

Keren nggak tuh kata-katanya? Boleh dapet dari grup sebelah. Saya itu orangnya penakut terus suka mikir yang aneh-aneh. Waktu denger kata reset tiba-tiba saya mikir bumi itu bisa ke-reset nggak sih? kalau ke-reset berarti pemurnian ke awal penciptaan bumi lagi dong. Berarti manusia nggak bakal eksis dong, kalau manusianya mati semua, nanti siapa yang mau ngasih makan kucing saya? Siapa yang nyalain kembang api waktu malem tahun baru? Nggak seru dong. Dari ketakutan itulah saya mulai mengembangkan ide kiamat buat Big Bang dua, bukan kiamat yang digambarkan dalam kitab suci, yang bintangnya tabrak-tabrakan sama gunungnya terbang-terbangan. Hampir mirip dengan Big Bang pertama yang mengangkat tema kiamat personal Big Bang 2 juga rencananya mau tema kiamat-kiamatan tapi rada global dibanding Big Bang pertama.

Terus yang bikin kiamatnya apa? Kalau saya ceritain tentang komet yang nabrak bumi mah udah banyak tema kaya gitu, atau ada monster dari planet entah berantah yang nyerang bumi juga udah basi banget.

Waktu itu iseng-iseng saya baca-baca artikel di Google tentang penelitian Masaru Emoto yang bilang kalau molekul air itu bisa menangkap emosi dari sekelilingnya, saya sempet kepikiran gimana jadinya coba dengan molekul air sekarang yang ada di bumi, solanya saya liat di TV perang di mana-mana, orang berani maki-maki seenak jidatnya cuma gara-gara persoalan sepele. Molekul airnya pasti awut-awutan. Katanya molekul air yang awut-awutan nggak bagus buat kesehatan, terus kalau tingkat keawut-awutannya di amplifikasi berkali-kali lipat apa akibatnya coba? Saya aja yang mau nulis jadi takut sendiri.

Nggak adil rasanya kalau manusia yang mau dimusnahin ini nggak ada yang bela. Dari kecil saya kan sering nonton Power Ranger sama Ksatria Baja Hitam, di situ pasti ada jagoan yang belain manusia dari penjahat. Rencananya sih saya mau nampilin tokoh jagoan juga, tapi nggak pake kostum warna-warni juga jagoannya. Mungkin Super Dede cocok buat tokoh jagoan saya.

Ini baru wacana, sewaktu-waktu juga alur ceritanya bisa berubah, kadang saya orangnya angin-anginan juga kalau nulis.


“Cara terbaik untuk belajar adalah mengajar.”

Karena postingan saya di blog udah lumayan banyak, saya jadi sombong dong, wajarlah namanya juga manusia. Saya sering share tuh link tulisan saya di media sosial. Akhirnya ada juga yang iseng-iseng baca terus komen-komen gitu di blog. Saya seneng lah jadinya. Terus aa temen juga yang mulai sering tanya-tanya gimana caranya nulis. Saya bilang saya nggak pernah nulis, dia nya marah-marah terus ngatain saya belagu. Padahal saya jujur, saya nggak pernah nulis di blog, saya kan ngetik, saya nggak tahu caranya nulis di blog kalau ngetik di blog saya tahu.

Pernah suatu ketika ada temen saya juga yang mulai rajin nulis ngikutin saya, saya sih seneng-seneng aja. Dia sering nanya-nanya gimana cara nempatin hurup kapital yang bener atau crta ngawalin ceita biar nggak bikin boring pembaca. Saya kasih masukan sesuai kemampuan saya aja, saya juga nggak paham-paham amat kalau masalah begituan. Pas saya baca tulisan dia, nggak tahu kenapa, kok tulisan dia lebih bagus dari saya ya. Lebih enak gitu kalo dibaca, ending-endingnya juga nggak pasaran, rada-rada nge-twist gitu. Terus pilihan katanya intelektual banget, keren deh pokoknya. Gantianlah saya yang nanya-nanya ke dia.

Pernah kan tuh di grup One Day One Post ditugasin buat nulis tentang romantika cinta. Eh, tulisan saya ngak ada dialognya, dikomplen dong sama anggota yang laen, saya juga bingung. Saya kan belom bisa bikin dialog, makanya saya mau belajar di grup, coba-coba liat di google. Mungkin karena IQ saya lemah banget saya nggak paham-paham. Ujung-ujungnya saya nanya lah ke temen saya itu, untung dia masih mau ngejelasin. Saya belajar deh ke dia. Alhamdulillah sekarang dikit-dikit saya udah bisa nyusun dialog walau masih rada kaku. Itulah enaknya ngajar, kita juga bisa sambil belajar. Jadi ada transfer-transfer ilmu gitu, bahkan dari orang yang tadinya kita anggap murid.


“Tema… Tema… Tema…”

 Ini nih yang saya suka sama bagian ini sekaligus kritik buat temen-temen penulis yang lain, (cie… kritik, kaya penulis senior aja, ahahahahaha).

Saya pernah juga ikut kelas-kelas kepenulisan di luar ODOP (One Day One Post saya singkat ODOP aja ya, capek ngetiknya). Di salah satu kelas pernah ada mentor yang bilang “Nggak bakal pernah ada tema kepenulisan yang baru, yang ada Cuma gaya kepenulisan yang baru”. Ah, masak sih? pikir saya waktu itu. Setelah kelasnya selesai saya jadi penasaran dong, terus saya coba iseng-iseng bikin tema tulisan yang rada aneh, terus saya banding-bandingin sama tulisan orang laen, eh iya bener, rada-rada mirip. Seberapa banyak saya nyoba tetep aja ada yang mirip temenya. Jenius tuh mentor saya.

Tapi saya juga orang yang nggak terllau seneng dengan keumuman. Misalnya di ODOP di kasih tema cinta, saya bisa nebak pasti temanya pada bikin yang gitu-gitu aja. Pacaran, makan bakso, nonton bioskop, lamaran, nikah, bulan madu atau yang mirip-mirip kaya gitu. Misalnya aja ada yang nekat bikin kisah cinta antara kecoa dan kupu-kupu pasti keren  banget tuh. Bayangin gaya pacaran mereka, mau nyari makan berantem dulu karena makanan kesukaan beda, mau nyari tempat tongkrongan berantem dulu karena tempat nongkrongnya juga beda. Tapi saya belom berani sampe bikin tulisan yang aneh-aneh kaya gitu, palingan juga yang standar aja.

Jujur deh, kalau saya baca-baca blog saya lagi saya sering heran, ternyata blog saya itu isinya rupa-rupa, ada curhat, ada cerita lucu, ada romantis, ada seremnya juga, ada yang nyebelin. Saya nggak tahu ke arah mana blog ini akan bermuara, cieee… bahasanya.

Di beberapa titik juga saya sempet jenuh, masak sih tulisan saya gitu-gitu aja, saya nggak berkembang banyak. Kalau nulis sebatas nulis mah anak SD juga bisa nulis. Yang mau saya tulis tuh yang bisa bikin jungkir balik perasaan yang baca, tapi susah. Iya susah. Emang gampang nulis yang kaya gitu, dasar saya ini anak udik yang banyak maunya.

Saya pernah nekat waktu disuruh nulis tentang tema wisata di Web ODOP. Wisata apaan coba, piknik aja jarang banget, paling banter mancing di tengah laut, standar banget. Gak ada keren-kerenya. Terus saya mikir, emang wisata sifatnya harus eksternal, enag nggak boleh wisata internal. Ngapain jauh-jauh ke luar kalau semua yang kita butuhin ada di dalam diri kita sendiri. Saya tulislah tulisan yang judulnya Lalaland. Ide katanya berasal dari kata la la la, itu biasanya suara yang keluar kalau orang abis dapet gajian atau abis diterima cintanya sama gebetan, pokoknya ekspresi seneng gitu. 

Woooowww ternyata jelek ceritanya, ampun dah. Kata temen saya kalau dibayangin kayak fantasi orang yang abis nenggak ekstasi. Seremmm amamatt. Satu sisi saya seneng karena tulisan saya sesuai dengan yang saya mau, ngajak orang buat pergi ke dunia fantasi internal, tempat dia seneng-seneng sama pikirannya, di satu sisi saya jadi pengen pindah ke pesantren biar nggak nulis yang aneh-aneh kayak gitu lagi.

Udahan dulu ya, hujan. Saya harus angkat jemuran kasur saya. 

Abis itu masak indomie sama nyeduh kopi dah, aseeeekkkk…

Kapan-kapan saya sambung lagi ya… ciao!  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HANYA SEBUAH DOA SEDERHANA

“Aku hanya ingin sebuah kehidupan yang jujur dan sederhana. Sesederhana dan sejujur kopi hitam yang kusesap saat hari gerimis.” E-mail itu aku terima sekitar tiga bulan lalu. Tak pernah ada firasat sebelumnya kalau e-mail yang sederhana itu akan mengantarkan hidupku ke dalam sebuah potongan cerita tentang kehidupan yang sedemikian rumit.             Jam sebelas malam, gerimis sejak sore. Dengan perasaan malas tapi dipaksa perut yang lapar akhirnya aku melangkah juga dari kamar kost tiga kali dua meter yang pengap ini. Tujuanku jelas, nasi goreng Bang Anwar, karena hanya di sanalah aku bisa berhutang malam-malam begini dan juga ada wifi gratisan yang bisa aku tebeng . Lumayan, aku bisa mengecek      e-mail dan facebook sekalian browsing . Siapa tahu ada informasi lowongan kerja yang bisa aku lamar.             Menyedihkan memang, di zaman yang katanya serba canggih dan era digital tanpa batas ini, tetap saja aku harus bersusah payah nebeng hotspot tetangga untuk sek

MEREKAM KENANGAN: DEMENSIA

MEREKAM KENANGAN 1 Terima kasih banyak unuk keluarga, para sahabat, guru-guru dan mantan kekasih yang sudah bersedia menjalani banyak kenangan pahit dan manis bersama. Semoga dengan saya menuliskan cerita ini bisa membangkitkan  simpul-simpul kenangan yang sempat terlupa. Sebagian besar kisah dalam cerita ini -mungkin- pernah terjadi dalam hidup saya atau mungkin juga hanya fantasi dan reaksi alam bawah sadar saya yang secara langsung atau tidak langsung tidak bisa saya filter lagi karena penyakit yang saya derita ini.             Dua hari yang lalu aku terlambat sampai ke tempat kerja. Masalahnya sederhana, di perempatan jalan terakhir menuju ke tempat kerjaku tiba-tiba saja aku salah membelokkan motor yang aku kendarai, akibatnya aku harus memutar jauh dan terjebak kemacetan yang biasanya aku hindari. Sampai di tempat kerja aku menebak-nebak kenapa aku sampai bisa salah belok, apakah aku melamun? Padahal jalur yang aku tempuh sudah enam tahun lebih aku lalui, sampai aku h

MEREKAM KENANGAN: UNTUK DIA

MEREKAM KENANGAN 3 Kutuliskan cerita ini untuk mengenang satu nama. Jakarta. Siapa sih orang di Indonesia yang tidak mengenal nama kota ini? Jakarta yang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Jakarta yang walaupun sumpek tetap saja menjadi magnet orang-orang untuk mencari peruntungan. Jakarta, yang sejak lahir sampai sekarang menjadi tempat saya hidup. Dan, di kota inilah semua cerita ini bermula. Langit sore di bulan Juli itu redup, angin gemuruh. Di sebelah selatan tampak awan hitam mulai berarak. Sesekali kilatan petir tampak diiringi suara guruh yang samar. “Buruan baris! Wooiii…. Pada ngapain ngumpul di situ?” Tidak jelas suara teriakan siapa, yang aku tahu itu pasti salah satu seniorku. “Ini cewek tengil amat. Mau beken di sini, hah?” Tiba-tiba saja semua mata menatap ke satu titik yang di tuju. Seorang gadis berkulit putih dengan rambut lurus berponi sedang bersandar di pagar sekolah. Hari ini adalah hari terakhir Masa Orientasi Siswa di salah s