Langsung ke konten utama

JALAN JONGKOK ITU BIKIN CAPEK, terusan Narcissus sama Superman

Tulisan ini merupakan babak penutup dari trilogi tulisan ngawur saya sebelumnya yang berjudul Narcissus… dan Superman…(silakan cek di blog saya). Sebenernya bagian pamungkas (nyoba pake istilah keren) ini adalah sebuh studi yang mendalam tentang pengalaman saya selama nge-blog, tapi entah karena saya yang orangnya tidak bisa serius atau karena kadar intelektual saya yang pas-pasan, ya jadinya tetap saja sebuah tulisan yang asal seperti ini, semoga segenap sidang pembaca yang budiman ini bisa maklum.

Jujur deh, siapa di sini yang pernah dapet hukuman jalan jongkok waktu masih sekolah? Saya langgganan tuh, biasanya saya kena setrap gara-gara telat datang sama nggak ngerjain tugas akuntansi. Saya lemah kalau disuruh itung-itungan duit, saya kan nggak perhitungan orangnya, apalagi sama temen. Pelajaran akuntansi mengajarkan saya untuk menjadi perhitungan dan berlaku kejam, masak saya harus nyatet di buku besar kalau lagi nraktir temen di kantin? saya melawan pake nurani saya yang bilang ‘ini nggak bener nih’ akibatnya saya langganan kena hukum jalan jongkok.

Saking seringnya kena hukuman jalan jongkok sampe saya lancar dan cepet banget jalan jongkoknya. Saya bisa jalan jongkok sambil nyanyi-nyanyi, sambil lirik-lirik adik kelas bahkan saya bisa jalan jongkok sambil makan bakwan. Kebayang nggak tuh sehebat apa saya kalau lagi jalan jongkok. Ternyata guru bagian kesiswaan yang melihat hal ini jadi gerah. Diubahlah hukuman untuk saya. Jalan jongkoknya sambil naek tangga.

Sebetulnya ini hukuman yang berbahaya, karena menurut penelitian yang dilakukan oleh lebih dari dua ribu orang profesor dan dokter dari seluruh dunia, ditambah para pengamat dari berbagai dispilin ilmu yang lain plus komunitas paranormal dari berbagai belahan dunia, waktu jalan jongkok, aliran darah dari kaki menuju otak akan terhambat, akibatnya otak akan kekurangan oksigen, jika terus dipaksakan maka tubuh akan men-shut down dirinya sendiri, semaput, pingsan. Kebayang nggak tuh pingsan pas ada di anak tangga ke dua belas? Pasti ngejegkang. Minimal keseleo dah. Kalau keseleo pasti nggak sekolah, pasti ketinggalan pelajaran, pasti nggak bikin PR, pasti kena hukuman, pasti jalan jongkok, pasti pingsan, pasti keseleo, pasti nggak sekolah, pasti ketinggalan pelajaran, pasti nggak bikin PR…. dan begitu seterusnya sampe nongol Power Ranger nongol yang warna oranye. Singkatnya hukuman jalan jongkok naik tangga bisa  berimplikasi panjang.

Berhubung saya ini sudah sedemikian expert, guru bagian kesiswaan berani memberikan model itu untuk saya. Dengan penuh haru beliau memberikan nasihat, wejangan, dan pesan-pesan terakhir sebelum saya menjalani hukuman. Dengan anggukan yang pasti saya pun meyakinkan guru tersebut kalau saya akan berusaha dengan seluruh kemampuan saya, seratus dua puluh persen  energi saya akan saya keluarkan untuk menjalani hukuman ini.

Langkah pertama dimulai, langkah kedua, ketiga dan seterusnya. Buat saya kok rasanya enteng banget ya, mungkin karena saking expertnya saya, lancar-lancar aja tuh sampe finish. Pas sampe anak tangga paling atas saya langsung kabur ke kantin diiringi teriakan amarah dari guru bagian kesiswaan. (kantin sekolah saya ada di lantai dua)

Tidak sampai sepuluh menit saya sudah di sidang di ruang guru. Rasanya guru-guru mulai sadar hukuman fisik malah bikin saya tambah kuat. Akhirnya mereka ngasih hukuman berupa ceramah-ceramah supaya saya insaf. Dari sekian banyak cermah, saya inget beberpa kalimat. Begini kira-kira kalimat yang berhasil saya tangkap: “Jalan jongkok itu bikin bete, kecuali kalau dilakuin nya ramean. Kalau kamu seumur hidup jalan jongkok kapan bisa majunya, minimal kalau jalan jongkok jangan di tempat yang datar, cari tempat yang nanjak, biar kamu juga jadi terlatih dan kuat.”

Ceramah macam apa itu, materinya kok tentang jalan jongkok semua? Tuhan memang ajaib, ternyata ceramah yang saya denger bertahun-tahun lalu itu baru bisa saya pahami maknanya sekarang. Berhubungan juga dengan kepenulisan.

Jadi gini, di awal tulisan saya yang dulu-dulu kan udah saya jelasin kalau saya emang tertarik sama dunia tulis menulis, tapi apa daya, karena emang dasaranya saya nggak ounya basic di dunia kepenulisan, ya jadi amburadul lah. Sempet stress juga waktu itu. Tapi saya nggak mau nyerah.


“If You Can’t Beat Them Join Them.”

Judul salah satu lagu Queen di atas bisa ngena banget buat pengantar materi tentang tulisan saya selanjutnya. Waktu saya mau nulis tapi nggak tau caranya, biasanya kan saya buka-buka google, tapi ini udah berkali-kali buka google tapi masih nggak bisa juga ya nulisnya. Ada apa?

Terus kan pernah saya bilang juga saya gabung di ODOP, nah di situ tuh semua anggotanya harus nulis tiap hari, bebas mau nulis apa aja, minimal dua paragraf. Di ODOP tuh nggak pernah ada mentor secara resmi, jadi tiap anggota saling bagi-bagi ilmu aja. Karena saya orangnya rada pemalu saya nggak berani nanya-nanya banyak tentang kepenulisan. Pokoknya mah saya nulis aja tiap hari, nggak peduli tulisannya bagus atau nggak.

Bang Syaiha, ketuanya ODOP bilang kalau nulis itu merupakan keahlian. Jadi semua orang bisa menulis dengan banyak cara, nggak ada patokan latihan khusus atau teori-teori gitu, tulis aja. Semakin banyak menulis, nanti juga bakal lancar sendiri nulisnya, kan keahlian, jadi harus diulang-ulang terus prosesnya.

Sampe di sini saya sadar kalau ternyata yang saya cari tuh sebenernya cuma kecelakaan, semakin banyak kecelakaan yang saya temui waktu nulis akan semakin banyak belajar. Ya udah, semenjak saya sadar saya terus nyari jenis kecelakaan yang berbeda, makanya nggak heran kalau blog saya itu mirip iklannya susu Bear Brand (nggak tau Bear Brand, itu tuh susu berang kalengan), di Bear Brand kan kalo nggak salah di kalengnya ada emak berang sama anak-anaknya, tapi di klaim isinya susu sapi murni, tapi di iklannya malah nongol naga yang dipanah-panah. Rumit lah pokoknya, sama kayak isi blog saya.

Dalem blog saya itu isinya macem-macem, macam-macam sudut pandang saya coba pake, berbagai jenis gaya tulisan saya coba, tema yang aneh-aneh juga pernah saya terapin. Jadi blog saya itu mirip laboratorium kimia sekaligus dapur masak merangkap taman bermain anak sekalian juga tempat emak-emak nyuci. Campur-campur lah pokoknya. Singkatnya blog itu tempat saya belajar tetek bengek tentang kepenulisan.

Balik lagi ke jalan jongkok. Sampe sekarang pun saya masih jalan jongkok dalam kepenulisan, lambat banget pergerakannya, untung saya inget pesan guru saya, paling enak jalan jongkok itu ramean. Maka dari itu saya gabungin deh orang-orang yang nggak punya basic terlalu bagus dalam seni tapi punya semangat kuat dalam seni, saya gabungin mereka semua dalam kelompok yang namanya: STUDIO KANDANG BABI.

Kok aneh banget sih namany? Laen waktu akan saya ceritain kenapa namanya bisa aneh kaya gitu, bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan salah satu mahkluk ciptaan Allah, tapi lebih jauh dari itu, ada makna filosofis dari nama yang saya bikin.

Sampe sini, selesailah curhat kepenulisan saya tentang pengalaman  nulis sama nge-blog. Nggak banyak emang ilmu yang bisa saya kasih, tapi seenggaknya cuma dari cara pandang inilah saya sebagai penulis blog amatir ini bisa berbagi cerita, terlebih untuk anak-anak yang baru tergabung di ODOP batch 3, semoga (siapa tau aja ada yang baca) bisa menjadi penyemangat untuk terus menulis.
Dan untuk anggota Kandang Babi juga biar pada sadar, ternyata seni itu bukan cuma monopoli orang-orang yang punya basic seni. Seni itu hak semua orang yang masih peka, bukannya sewaktu kita masih dalam kandungan juga kita udah di kasih seni sama Allah, itu tuh bebunyian ritmis dari jantung emak kita, seni juga sebetulnya.

Harapan saya sih nanti ke depannya saya mulai tahu cara berdiribyang bener, supaya saya nggak dipaksa jaln jongkok terus, sesuai judul tulisan JALAN JONGKOK ITU BIKIN CAPEK, tapi perlu saya tambahkan, SELAIN BIKIN CAPEK TAPI JUGA BIKIN KUAT, SEKALIGUS BISA NGEGAMPANGIN ARAH KABUR KE KANTIN.

Sekian.

Wassalam.   



Komentar

Postingan populer dari blog ini

HANYA SEBUAH DOA SEDERHANA

“Aku hanya ingin sebuah kehidupan yang jujur dan sederhana. Sesederhana dan sejujur kopi hitam yang kusesap saat hari gerimis.” E-mail itu aku terima sekitar tiga bulan lalu. Tak pernah ada firasat sebelumnya kalau e-mail yang sederhana itu akan mengantarkan hidupku ke dalam sebuah potongan cerita tentang kehidupan yang sedemikian rumit.             Jam sebelas malam, gerimis sejak sore. Dengan perasaan malas tapi dipaksa perut yang lapar akhirnya aku melangkah juga dari kamar kost tiga kali dua meter yang pengap ini. Tujuanku jelas, nasi goreng Bang Anwar, karena hanya di sanalah aku bisa berhutang malam-malam begini dan juga ada wifi gratisan yang bisa aku tebeng . Lumayan, aku bisa mengecek      e-mail dan facebook sekalian browsing . Siapa tahu ada informasi lowongan kerja yang bisa aku lamar.             Menyedihkan memang, di zaman yang katanya serba canggih dan era digital tanpa batas ini, tetap saja aku harus bersusah payah nebeng hotspot tetangga untuk sek

MEREKAM KENANGAN: DEMENSIA

MEREKAM KENANGAN 1 Terima kasih banyak unuk keluarga, para sahabat, guru-guru dan mantan kekasih yang sudah bersedia menjalani banyak kenangan pahit dan manis bersama. Semoga dengan saya menuliskan cerita ini bisa membangkitkan  simpul-simpul kenangan yang sempat terlupa. Sebagian besar kisah dalam cerita ini -mungkin- pernah terjadi dalam hidup saya atau mungkin juga hanya fantasi dan reaksi alam bawah sadar saya yang secara langsung atau tidak langsung tidak bisa saya filter lagi karena penyakit yang saya derita ini.             Dua hari yang lalu aku terlambat sampai ke tempat kerja. Masalahnya sederhana, di perempatan jalan terakhir menuju ke tempat kerjaku tiba-tiba saja aku salah membelokkan motor yang aku kendarai, akibatnya aku harus memutar jauh dan terjebak kemacetan yang biasanya aku hindari. Sampai di tempat kerja aku menebak-nebak kenapa aku sampai bisa salah belok, apakah aku melamun? Padahal jalur yang aku tempuh sudah enam tahun lebih aku lalui, sampai aku h

MEREKAM KENANGAN: UNTUK DIA

MEREKAM KENANGAN 3 Kutuliskan cerita ini untuk mengenang satu nama. Jakarta. Siapa sih orang di Indonesia yang tidak mengenal nama kota ini? Jakarta yang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Jakarta yang walaupun sumpek tetap saja menjadi magnet orang-orang untuk mencari peruntungan. Jakarta, yang sejak lahir sampai sekarang menjadi tempat saya hidup. Dan, di kota inilah semua cerita ini bermula. Langit sore di bulan Juli itu redup, angin gemuruh. Di sebelah selatan tampak awan hitam mulai berarak. Sesekali kilatan petir tampak diiringi suara guruh yang samar. “Buruan baris! Wooiii…. Pada ngapain ngumpul di situ?” Tidak jelas suara teriakan siapa, yang aku tahu itu pasti salah satu seniorku. “Ini cewek tengil amat. Mau beken di sini, hah?” Tiba-tiba saja semua mata menatap ke satu titik yang di tuju. Seorang gadis berkulit putih dengan rambut lurus berponi sedang bersandar di pagar sekolah. Hari ini adalah hari terakhir Masa Orientasi Siswa di salah s