Langsung ke konten utama

NARCISSUS MATINYA KECEBUR KOLAM (SEBUAH REVIEW BLOG)



Tulisan ini rasanya akan jadi panjang sekali, jadi persiapkan diri kalian…

Cari posisi duduk yang nyaman, boleh duduk santai di sofa, sambil rebahan di kasur atau sambil santai di warung kopi juga boleh.

Siapkan cemilan dulu, saran saya enaknya puding atau surabi, jangan nyemil biskuit atau astor, suka berarakan waktu digigit, bikin kurang konsen waktu baca. 

Siapkan juga minuman seperti teh, kopi atau jus… kalau mau ngirit boleh juga air putih aja.

Kalau emak-emak yang baca, silakan tidurkan dulu anaknya supaya tidak tergaggu, jemuran diangkat dulu takut hujan, kalau lagi masak kompor dimatikan…

Kalau bapak-bapak yang baca, bilang dulu ke istrinya supaya jangan diganggu sementara waktu…

Kalau anak-anak yang baca, pastikan dulu kalian sudah bisa baca, ahahaha

Kalau warga ODOP yang baca, semoga tulisan ini bisa jadi bahan pembelajaran bersama.

Kalau murid saya yang baca, bisa saya pastikan link tulisan ini nyasar ke handphone kalian lewat status BBM saya. Saran saya, baca deh nggak apa-apa, tapi selesai baca langsung kerjain PR..Okay??!!

Kalau warga Kandang Babi yang baca, saya ragu kalian bakal serius bacanya…


“Awalnya bikin blog untuk mengisi waktu luang, sekarang malah jadi harus meluangkan waktu untuk mengisi blog…”

Pertama kali saya bikin blog kalau tidak salah sekitar tiga atau empat tahun lalu, tujuan awalnya sih cuma sekedar pengen tahu aja, kan waktu itu lagi nge-trend tuh blog-blogan kaya gini. Saya ikutin langkah-langkahnya lewat panduan google. Nggak gampang, nggak susah juga. Saya inget abis billing warnet sekitar sepuluh ribu, saya maennya paket malam, ceban buat delapan jam, dari jam sepuluh malam sampai jam enam pagi, sekalian game online. Saya biasanya main Counter Strike atau Poin Blank, sekalian intip-intip blog Enigma, itu tuh blog yang sering ngebahas fenomena UFO atau hal-hal aneh gitu, siapa tahu aja ada berita tentang UFO yang nyangkut di palfon rumah… skip… skip… mulai ngawur.

Kembali ke topik. Blog sudah jadi, langkah berikutnya… sibuk ngedandanin blog. Upload foto lah, kasih-kasih hiasan lah, macem-macem pokoknya… alhasil, blog saya mirip tante-tante yang mau pergi ke undangan kawinan, menor banget, norak, bikin sakit mata. Saya lupa kapan saya mulai insaf dan tobat untuk mulai serius mengurus blog, tapi jujur deh, setiap kita pasti pernah melalui masa-masa alay, iya kan? Nggak mau jujur? Ya udah terserah deh, saya juga merasa kalau masa alay itu adalah masa paling aib dalam sejarah hidup saya kok.

Awalnya saya serius banget buat ngisi blog, karena waktu itu saya punya amunisi banyak banget buat ditulis. Amunisinya adalah puisi-puisi alay yang sering saya tulis di buku jurnal saya. Jangan coba diintip di blog saya, sudah saya hapus, sekarang sisa puisinya timggal puisi yang menurut saya nggak terlalu alay.

Selesai semua puisi saya pindahin ke blog, saya mulai kehabisan ide. Belajarlah saya buat nulis cerpen, waktu itu saya nulis kalau nggak salah judulnya ‘Doa Sissy’ sama ‘Blues Untuk Joanna’. Astagfirullah, saya suka ketawa sendiri kalau baca tulisan awal-awal saya, padahal nggak ada yang lucu juga, tapi saya merasa kok bisa ya saya bikin tulisan yang menurut saya ‘mentah’ kayak gitu.

Setelah dua tulisan itu saya hiatus total, mulai malas nulis lagi, buat apa coba nulis-nulis di blog kayak orang nggak ada kerjaan aja. Hampir satu tahun blog saya kosong melompong. Untung saya masih ingat akun e-mail sama password-nya.


“Kita terlahir lapar, lalu dinina bobokan rasa kenyang yang nyaman, setelah bangun kita akan kembali lagi ke lapar yang liar” 

Saya baca petikan itu di buku Gola Gong, Balada Si Roy. Kalau nggak salah. Kayanay sih salah, nggak sepanjang itu kata-katanya. Maafkan ingatan saya yang lemah ini ya.

Tapi percaya atau tidak, petikan kata-kata tersebut benar-benar terjadi sama saya, setelah blog saya tidak terisi sekian lama, tiba-tiba saja ada orang-orang menjetikkan bara kepenulisan kembali dalam diri saya, padahal orang-orang tersebut jauh dari dunia kepenulisan.

Saya kenal mereka, mereka para pengamen yang sering wara-wiri di sekitar pasar Tanah Abang. Kalau dulu kalian pernah makan siang di Tanah Abang dan ada pengamen yang mampir, bisa jadi itu mereka. Sekarang mereka sudah insaf, capek katanya di kejar-kejar Kamtib terus. Mereka sekarang jadi pengusaha muda semua, ada yang buka rental alat-alat out door, ada yang jadi potografer, ada yang jadi desainer grafis, macam-macam lah. Terakhir saya ketemu mereka, mereka sedang dagang kambing untuk Idul Adha. Anak-anak muda yang kreatif dan pandai membaca peluang.

Satu hal sih yang bikin kita semangat nulis, karena ada yang baca. Makanya banyak orang iseng nulis-nulis di tembok pinggir jalan atau di pintu WC umum (pengalaman pribadi) tujuannya supaya banyak yang baca, terlepas tulisan mereka nanti bakal dipuji atau dihina, yang penting ada yang baca.

Mereka (baca: pengamen) ternyata suka membaca puisi-puisi gombal saya yang pernah saya tulis di buku jurnal. Jadilah buku tersebut keliling-keliling satu kampung, berpindah tangan secara terus menerus, sampai akhirnya…. Hilang… prettttt. Tapi nggak apa-apa lah, saya harap buku itu tidak pernah ditemukan lagi, takut kebongkar aib di era ke-alay-an saya, ahahahha.

Berangkat dari situ saya mulai serius mau nulis, kata emak saya sih saya punya bakat terpendam, entah beliau serius atau cuma bikin seneng doang. Saya mulai rajin berkunjung ke Pasar Senen. Di situ banyak dijual buku bekas yang bagus, saya nggak sanggup beli di toko buku, bokek. Perbandingannya, satu buku baru di toko buku setara dengan empat atau lima buku bekas di pasar loak. Lumayan.

Buku-buku saya waktu itu masih banyak sebelum menghilang secara gaib karena banyak temen yang main ke rumah (paham kan maksudnya). Saya sempat tergila-gila sama Sang Nabi-nya Khalil Gibran dan Tukang Kebun-nya Rabindranath Tagore. Saya pikir gila banget ada orang yang bisa tulisan keren kaya gini. Lalu saya pergi ke warnet, buka blog, rencananya mau nulis. Satu menit, lima menit, dua puluh menit kemudian saya sudah asyik sendiri, denger musik, maen Facebook dan streaming Youtube. Tulisan di blog masih nggak keisi juga. Prettt banget.

Sekitar satu setengah tahun lalu kalau nggak salah, saya baca di Facebook, ada orang yang bikin grup One Day One Post. Katanya belajar nulis di blog gitu. Entah karena dorongan apa, dengan nekatnya saya hubungi nomor yang ada di postingan Facebook tadi, bilang “Masih bisa gabung nggak Bang?” Dengan ramah beliau menjawab masih bisa, asal syaratnya harus punya blog. Saya merasa pede dong, saya kan udah punya blog. Lalu beliau minta alamat blog saya buat di intip. Saya kasih lah, dan jawaban beliau. “Udah lama ya blog nya nggak diisi, Mas?” Mendengar pertanyaan itu saya langsung pergi ke dapur buat bikin es teh manis, katanya minum es teh manis bisa bikin malu ilang. Katanya, kalau minumnya satu galon.

Secara resmi saya tergabung dalam gerakan One Day One Post, berarti secara langsung juga saya harus berani nanggung konsekuensi karena kepedean saya gabung-gabung di grup itu. Syaratnya, harus nulis di blog setiap hari, bebas mau nulis apa aja, minimal dua paragraf. Nanti bakal dikasih masukan sesama anggota grup One Day One Post yang lain. Seru juga sih awalnya, saya kenal banyak orang-orang baru dengan latar belakang yang berbeda dan dari tempat-tempat yang jauh juga.

Kita banyak ngobrol-ngobrol di grup, ngobrolin macem-macem, mulai dari kepenulisan sampai kehidupan sehari-hari, pas ditanya udah nulis belom hari ini? Biasanya saya langsung pura-pura hape saya low batt atau sinyal ilang mendadak gara-gara UFO melintas di atas rumah saya. Tapi pertanyaannya mau sampai kapan? Masak sih saya nggak nulis mulu. Iseng-iseng kalau koneksi internet lagi lancar saya baca-baca isi blog anggota yang lain. Saya langsung minder, tulisan mereka bagus-bagus, rapih banget dah, latar belakang profesi mereka kepake banget kayanya sama tulisannya.

Yang profesinya guru sering nulis tentang keseharian dan pengalamannya selama mengajar, yang perawat sering nulis tentang dunia kesehatan, yang masih mahasiswa biasanya curhat tentang dosennya yang killer dan saya yang masih terombang-ambing ini.. (cie… bahasanya) jarang nulis, malah bisanya ngeledekin orang yang nulis. Boong deng bercanda kalau itu mah.

Yang jelas saya mulai merasa kalau nulis itu nggak gampang. Niat doang nggak cukup, kalau modal niat tanpa tahu cara menulis, biasanya paling ngeliatin kusor kedap-kedip doang di depan monitor. (pernah ada yang kaya gitu? Saya mah sering banget)


“Saya cuma anak udik yang tersesat dalam megahnya semesta sastra” 

Pernah denger lagu Red Hot Chilli Peppers yang judulnya Aeroplane? Belum ? Oh ya udah nggak apa-apa, saya kira udah pernah denger.

Jadi gini ceritanya, kan waktu itu saya lagi mentok-mentoknya tuh buat nulis, biasanya sih karena ide nggak datang-datang. Dulunya tuh saya kan anak band gitu, biar nggak jago-jago amat main musiknya saya itu suka denger-denger lagu. Entah kenapa, waktu denger lagu kok saya sering merasa ada beberapa kata dari lagu tersebut yang keingetan terus ya, kayak mantul-mantul gitu di kepala saya. 

Dari kata-kata tersebut biasanya imajinasi saya mulai ngawur, mencoba menginterpretasi sebuah cerita dari kalimat yang sepotong doang. Mulailah dari situ saya bisa menulis lagi. Jadi sebagian besar tulisan saya di blog itu sebetulnya cuma interpretasi saya dari lagu-lagu yang pernah saya denger. Misalnya, tulisan berjudul 10.10 itu terinspirasi dari video klip Incubus yang judulnya Warning. Pas saya liat keren amat nih video, manusianya mati semua. Sadis.

Balik lagi ke Aeroplane-nya Red Hot Chilli Peppers, di situ kan ada lirik, Music is my aeroplane. Kayaknya kata-kata itu ngeplak banget dah sama sejarah kepenulisan saya, kalau nggak ada musik mungkin saya udah berhenti nulis. Musik yang bisa bikin saya terbang, tapi sayangnya musik nggak bisa jadi parasut kalau pesawatnya tiba-tiba mati, ahahahha.

Pernah juga saya nekat, waktu itu kan Dewan Kesenian Jakarta ngadain sayembara menulis novel tingkat nasional. Dengan pede nya saya ngomong di depan temen-temen yang lagi nongkrong kalau saya mau nulis novel buat diikutin lomba, akibatnya saya ditagih terus sama mereka buat bikin novelnya. Mulutmu harimaumu, tapi kalau nggak ada harimau rusa jadi males lari terus jadi obesitas karena keseringan santai.

Buntu juga awalnya, mau nulis apaan. Nulis cinta-cintaan saya nggak paham. Nulis cerita horor nggak berani, nulis cerita sejarah, nilai saya jeblok di pelajaran sejarah. Akhirnya saya tebelin kuping aja nerima ejekan temen-temen yang lain.

Sampai suatu ketika….. jreng…. jreng… jreng…. secara nggak sengaja saya denger lagu oasis yang juduknya Cast No Shadow, di situ ada lirik yang bunyinya, As He Face The Sun He Cast No Shadow. Kena banget kata-katanya. Satu kalimat itu lah yang mendasari novel Big Bang. Di kalimat itu saya kayak ngerasa ada ketakutan tersendiri dari setiap manusia, takut kehilangan eksistensi, takut mati. Hal yang paling ditakutin manusia tuh waktu dia membelakangi matahari tapi dia nggak nemu bayangannya sendiri. Sedap banget dah tuh kata-kata.

Proses kreatif pun dimulai. Novel Big Bang saya garap cuma dalam waktu dua minggu, aslinya sih sekitar dua belas hari karena dua harinya saya mancing di laut, edaaan. Selama hampir dua minggu tersebut saya tapa di kamar, sesekali ke luar cuma buat liat matahari doang, takutnya matahari ngak terbit selama tiga hari berarti kiamat sudah dekat, percuma dong bikin novel kalau nggak lama lagi kiamat.

Kalau lagi jenuh dan stuck banget saya biasa pergi ke pengkolan, beli surabi. Entah kenapa selama penggarapan novel ini saya jadi addict banget sama surabi. Ada korelasi kuat antara Big Bang, ketakutan manusia dan surabi. Ada yang bisa ngejelasin? Karena sampai sekarang saya sendiri masih belum nemu korelasinya.

Bikin novel itu perjuangannya berat. Jangan sekali-kali ngeremehin orang yang udah bikin novel, deh. Bukan cuma masalah tema sama gaya nulis yang harus kita pikirin, alat juga harus mumpuni. Waktu itu modal saya cuma komputer pentium 4, ram 512 mb, monitor tabung 17 inci (boleh pinjem sama temen). Yang bikin proses penulisan saya terhambat itu keyboardnya suka ugal-ugalan, kadang spasinya kaya keteken gitu, jadi tulisannya lompat-lompat. Sumpah keyboardnya nyebelin banget, harus dipuji-puji, dibaik-baikin dulu, baru keyboardnya mau normal lagi.

Oh iya, waktu itu saya masih pake OS Windows XP yang sekarang udah disuntik mati sama Microsoft, sayang banget padahal itu OS super stabil.

Selama proses menulis saya jarang banget tidur, tidur saya kepotong-potong, kadang cuma dua jam atau empat jam. Nggak pasti deh, saya tidur kalau lagi ngantuk doang, kalau nggak ngantuk saya lanjut nulis. Saya nggak pernah mikirin apa yang mau saya tulis, pokoknya nulis aja, nggak ada patokan ceritanya bakal di bawa ke arah mana. Belakangan saya tau kalau cara menulis kayak gitu tuh salah, tapi belakangan ini juga saya bilang kalau gaya nulis saya yang kaya gitu tuh emang efektif buat orang kayak saya. Jadi intinya nulis tuh nggak usah ngejelimet mikirin tetek bengek ini itu, tulis aja.

Sampai sini pasti banyak yang protes. Nggak apa-apa. Nulis kan seni, jadi nggak ada patokan bener salah dalam seni, yang penting karya. Kalau kebanyakan mikir malah nggak jadi nulis-nulis. Misalkan saya mau jalan-jalan ke Anyer sama temen-temen, masak saya harus bikin kepanitiaan dulu, si A seksi konsumsi, si B jadi tukang poto, Si C bagian survey lokasi, Si D bagian keamanan. Akhirnya malah nggak jadi jalan-jalannya karena kebanyakan rencana. Berangkat aja lah, nggak usah mikir macem-macem, asal rencannya baik, Bismillah.

Naskah Big Bang kelar, tinggal print, poto kopi terus kirim ke panitia lomba. Abis itu saya lupa dan nggak pernah ngarep. Sekitar dua bulan kemudian saya dapet undangan buat ngehadirin puncak acara lomba sekaligus penyerahan hadiah.

Dan ternyata…. Novel saya nggak menang. Ya iya lah, juri juga nggak buta-buta amat. Novel yang dibikin ugal-ugalan kaya gitu masak bisa menang. Novel saya ada di urutan tiga puluhan dari dua ribuan naskah yang dikirim. Nggak jelek-jelak amat lah.

Yang saya heran tuh, para pemenang lomba bukunya nggak ada yang jadi best seller waktu di jual di toko buku. Helllooowww ada apa nih? Mungkin selera juri ketinggian, jadi novelnya harus nyastra banget biar menang, tapi susah dinikmati masyarakat umum.

Jadi kesimpulannya gini deh, kalau kalian pernah bikin suatu karya, terus dilombakan dan nggak pernah menang, jangan berkecil hati dulu,  bukan karena karya kalian jelek, mungkin karena selera juri emang nggak sreg dengan karya kalian. Dan juri terbaik adalah…. Pasar. Coba pikirin deh, emang J.K Rowling pernah menang lomba nulis? Kayanya nggak deh, mana tau juga. Tapi menurut saya tema sihir-sihiran kayak gitu emang jarang menang di lomba sastra, tapi liat penjualannya, fantastis banget. Atau Leo Tolstoy, mana peduli dia sama lomba-lombaan, tau-tau novel Anna Karenina jadi novel klasik yang legenaris. Pasar adalah juri terbaik.

Tapi saya bersyukur juga diundang ke acara itu, lumayan saya bisa ngopi gratis, abis empat gelas, bisa nyobain puding, buah anggur sama lasagna. Saya merasa kayak penulis beneran deh, penutupannya saya nonton band Payung Teduh yang jadi bintang tamu, amboooiii….. sedap kali.


“Saya suka nyari masalah, seneng deketin penyakit, hobi bikin kecelakaan.”

Selepas nulis Big Bang, otomatis gairah kepenulisan saya meledak-ledak. Saya butuh penyaluran, saya mau nyombong dengan karya saya. Lagi-lagi di Facebook saya ngeliat ada grup nulis, Komunitas Belajar Menulis (KMB) kalau nggak salah, saya gabung udah lama, tapi cuma baca-baca doang, nggak berani ngirim tulisan, udah jago-jago anggotanya, jago debat tepatnya. Nggak sesuai banget sama fitrah saya yang nggak demen debat. Karya kok didebatin, aneh. 

Dengan nekatnya saya bikin postingan di sana kalau saya udah nulis novel dan mau bagi-bagi gratis, nekat nggak tuh? Saya pikir sih awalnya palingan juga beberapa orang aja yang mau novelnya. Di luar perkiraan, dalam waktu dua hari lebih dari dua ribu orang minta dikirimin lewat e-mail. Saya senang, kuota internet saya meledak. Hadeeehhh.

Ujung-ujungnya sih saya diperingatkan sama admin atau senior gitu di KMB supaya postingan saya dihapus, takut jadi spam, logis. Saya juga salah sih, tapi bodo amat lah, biar beken harus berani bikin sensasi sedikit.
Saya pikir kasus kelar, eh tahunya pas besok-besok ada larangan gitu dari admin KMB buat bagi-bagi novel gratis, alesannya hak inelektual itu harus dihargai, jangan seenak jidat dibagiin gratis gitu. Gaya amat, buat orang-orang yang bokek seperti saya ini, dapet novel (baca:ebook) gratis itu kayak dapet duriah runtuh, seneng banget. Detik itu juga saya males aktif lagi di KMB.

Seperti tulisan saya di awal, si penulis itu seneng banget kalau tulisannya ada yang baca, entah itu nanti diterima atau ditolak tulisannya yang penting ada yang baca dulu. Balasan e-mail mulai ramai, dari Aceh sampai Makasar banyak yang langsung komen lewat e-mail, kebanyakan sih bagus-bagus komennya. Iya lah, udah di kasih gratis tapi masih protes mah kurang ajar banget. Saya jadi tambah semangat dong buat nulis, blog saya mulai terisi rutin, banyak tulisan-tulisan baru yang saya buat. Tambahan, gerakan One Day One Post itu mirip stimulan, ngasih saya energi tiap hari, nggak ada penilaian yang sok tahu di sana, komentar-komentar menjatuhkan, apalagi bergaya sok-sokan kayak penulis senior, pretttt. Pokoknya aura pergaulan di One Day One Post itu positif banget. Saling mengoreksi, saling puji. Sebagai penulis pemula, kita itu nggak butuh apa-apa, kita cuma butuh pujian, satu-satunya bahan bakar buat kita terus berkarya. Bukannya baru satu bikin karya terus dikomentarin aneh-aneh. Kalau memang saya udah sehebat itu, ngapain juga saya gabung-gabung di grup belajar nulis. 

Selama beberapa bulan secara continue terus datang e-mail yang nanyain apa ada lanjutan Big Bang?  Saya selalu jawab: ada! Padahal konsepnya aja belum nemu sama sekali. Nekat aja sih, pikir saya. Nanti juga kalau kepepet ide suka datang sendiri. Saya memang suka cari penyakit, akibatnya stress sendiri. Saya  merasa memiliki beban moril untuk segera menyelesaikan Big Bang 2.

Dan tiba-tiba ide itu datang begitu aja…..

Udah ah saya lagi capek, istirahat dulu ya. Besok-besok saya lanjut deh ceritanya, itu juga kalau nggak bosen ngebaca tulisan saya yang amburadul ini…

Masih panjang sebetulnya, tapi saya lagi suntuk, mau beli surabi di pengkolan dulu…

Nanti sambung lagi ya… ciao!     

Untuk bincang-bincang dan curhat (bukan tutorial ya) cuma ngobrol santai saja tentang kepenulisan silakan follow saya di:
Twitter: @achmadikhtiar
Facebook : Achmad Ikhtiar
Facebook Fan page : @achmadikhtiarauthor
 Whatsapp : 0822 1056 4407
BBM : 5A8647EC
Instagram : achmadikhtiar
Line id: idiotroom



Komentar

Postingan populer dari blog ini

HANYA SEBUAH DOA SEDERHANA

“Aku hanya ingin sebuah kehidupan yang jujur dan sederhana. Sesederhana dan sejujur kopi hitam yang kusesap saat hari gerimis.” E-mail itu aku terima sekitar tiga bulan lalu. Tak pernah ada firasat sebelumnya kalau e-mail yang sederhana itu akan mengantarkan hidupku ke dalam sebuah potongan cerita tentang kehidupan yang sedemikian rumit.             Jam sebelas malam, gerimis sejak sore. Dengan perasaan malas tapi dipaksa perut yang lapar akhirnya aku melangkah juga dari kamar kost tiga kali dua meter yang pengap ini. Tujuanku jelas, nasi goreng Bang Anwar, karena hanya di sanalah aku bisa berhutang malam-malam begini dan juga ada wifi gratisan yang bisa aku tebeng . Lumayan, aku bisa mengecek      e-mail dan facebook sekalian browsing . Siapa tahu ada informasi lowongan kerja yang bisa aku lamar.             Menyedihkan memang, di zaman yang katanya serba canggih dan era digital tanpa batas ini, tetap saja aku harus bersusah payah nebeng hotspot tetangga untuk sek

MEREKAM KENANGAN: DEMENSIA

MEREKAM KENANGAN 1 Terima kasih banyak unuk keluarga, para sahabat, guru-guru dan mantan kekasih yang sudah bersedia menjalani banyak kenangan pahit dan manis bersama. Semoga dengan saya menuliskan cerita ini bisa membangkitkan  simpul-simpul kenangan yang sempat terlupa. Sebagian besar kisah dalam cerita ini -mungkin- pernah terjadi dalam hidup saya atau mungkin juga hanya fantasi dan reaksi alam bawah sadar saya yang secara langsung atau tidak langsung tidak bisa saya filter lagi karena penyakit yang saya derita ini.             Dua hari yang lalu aku terlambat sampai ke tempat kerja. Masalahnya sederhana, di perempatan jalan terakhir menuju ke tempat kerjaku tiba-tiba saja aku salah membelokkan motor yang aku kendarai, akibatnya aku harus memutar jauh dan terjebak kemacetan yang biasanya aku hindari. Sampai di tempat kerja aku menebak-nebak kenapa aku sampai bisa salah belok, apakah aku melamun? Padahal jalur yang aku tempuh sudah enam tahun lebih aku lalui, sampai aku h

MEREKAM KENANGAN: UNTUK DIA

MEREKAM KENANGAN 3 Kutuliskan cerita ini untuk mengenang satu nama. Jakarta. Siapa sih orang di Indonesia yang tidak mengenal nama kota ini? Jakarta yang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Jakarta yang walaupun sumpek tetap saja menjadi magnet orang-orang untuk mencari peruntungan. Jakarta, yang sejak lahir sampai sekarang menjadi tempat saya hidup. Dan, di kota inilah semua cerita ini bermula. Langit sore di bulan Juli itu redup, angin gemuruh. Di sebelah selatan tampak awan hitam mulai berarak. Sesekali kilatan petir tampak diiringi suara guruh yang samar. “Buruan baris! Wooiii…. Pada ngapain ngumpul di situ?” Tidak jelas suara teriakan siapa, yang aku tahu itu pasti salah satu seniorku. “Ini cewek tengil amat. Mau beken di sini, hah?” Tiba-tiba saja semua mata menatap ke satu titik yang di tuju. Seorang gadis berkulit putih dengan rambut lurus berponi sedang bersandar di pagar sekolah. Hari ini adalah hari terakhir Masa Orientasi Siswa di salah s