Langsung ke konten utama

DISLOKASI

Seorang teman pernah bercerita kalau beberapa tahun terakhir dia banyak menghabiskan waktu berkeliling Indonesia. Mengunjungi tempat-tempat eksotis. Mendaki gunung, mandi matahari, menyelam, bermain ombak, sampai masuk ke pedalaman dan bertemu suku-suku terasing. Saya berdecak kagum, begitu banyak yang sudah dia lihat pasti begitu kaya batinnya dengan beragam pengalaman selama perjalanan.

Di luar perkiraan, pengakuan mengejutkan meluncur dari bibirnya, ternyata dia tidak merasa bahagia, perjalanannya kosong melompong. Tubuhnya pergi berkeliling ke seluruh negeri, tapi hatinya tetap tertambat dalam kamarnya yang sempit dan sesak. Jejak kakinya ada di mana-mana tapi ruhnya terperosok dalam sumur gelap, mengiba-iba meridu cahaya.

Pada titik ini saya mulai berpikir, mencerna baik-baik semua yang dia ceritakan. Mentok, buntu, saya tidak bisa mencari korelasi atas kejadian yang menimpa dirinya. Bukankah dengan semakin banyak kita mengunjungi tempat baru, bertemu orang-orang baru justru batin kita akan semakin kaya. Kenapa teman saya ini malah mendapatkan yang sebaliknya?

Saya mencoba menimang-nimang sebuah paradoks sederhana. Mencoba membalikan situasi jika hasil dari aksi yang kita lakukan ternyata tidak membuahkan hasil seperti yang kita harapkan.

Dalam dunia yang serba rumit ini kita tidak bisa menebak pasti hasil dari sebuah aksi. Tidak ada yang ajeg. Selalu ada fenomena baru yang tercipta dan semua pengetahuan manusia yang katanya sudah hampir sempurna harus mengambil jalan di pinggir, mengalah. Satu tambah satu belum tentu hasilnya dua, bisa saja jadi tiga, lima, sepuluh atau mungkin malah satu. Jika yang ditambahkan itu adalah satu betina dan satu jantan. Individu yang tinggal satu-satunya di dunia belum tentu akan punah, itu dimungkinkan jika makhluk tunggal itu adalah amuba yang bisa membelah diri. Tak ada yang ajeg, tak ada yang pasti. Manusia dengan otaknya yang terbatas hanya bisa mengira-ngira dengan semua materi empiris yang ada.

Jalan terbaik untuk menjawab masalah teman saya ini adalah dengan membangun sebuah paradoks baru. Paradoks terbalik dari yang sudah ada sebelumnya. Jika dia sudah berjalan-jalan ke pelosok negeri tapi tak menemukan apa-apa. Lebih baik dia diam di rumah saja. Apakah dia akan bahagia? Belum tentu juga. Nah, semakin rumit kan?

Dislokasi diri adalah satu-satunya jalan. Dia harus tersesat dalam kepenatan, kemampuan alokasi dirinya harus di non aktif-kan  agar dia bisa menemukan sesuatu yang baru, sensasi. Sensasi adalah inti kebahagiaan. Analoginya saya dapatkan saat saya berkunjung ke Jogjakarta. Selama mengunjungi tempat-tempat baru di Jogjakarta saya menemukan hal-hal baru, sensasi baru yang tidak bisa saya dapatkan di jakarta. Saya bahagia. Berkebalikan dengan saya, orang Jogjakarta merasa biasa saja karena mereka sudah biasa dengan suasana Jogjakarta, mereka malah penasaran ingin melihat tugu monas yang ada di Jakarta dan saya berani bertaruh mereka akan berdecak kagum saat melihat tugu emas yang berkilauan itu. Mereka mendapat sesansi baru yang belum pernah mereka rasakan. Mereka bahagia.

Sebagai tambahan, menurut para filsuf kebahagiaan itu tidak bisa dicari tapi diciptakan. Saya terkagum-kagum, lagi-lagi mereka benar. Kebahagiaan harus diciptakan bukan dicari. Khalil Gibran malah menyarankan agar kita mencari kebahagiaan kita dengan mabuk-mabukan. Bukan mabuk dalam arti sebenarnya. Semua hal di dunia ini setiap saat selalu memaksa kita merunduk, mendesak kita agar kecewa, marah dan resah. Untuk menangkalnya, maka mabuklah sampai semabuk-mabuknya. Mabuk dengan apa? Apa saja. Mabuklah dengan hal yang membuatmu  bahagia.

Jika kamu seorang penulis, maka mabuklah dengan tulisanmu. Menulis sampai menemui batasmu, sampai mabuk, sampai kamu merasa bahagia. Jika kamu seorang guru, mabuklah dengan ilmu, mabuklah sampai cawan di otakmu penuh dengan pengetahuan dan kebijaksanaan. Mabuklah dengan anggur ilmu sampai kamu benar-benar mabuk dan bahagia. Mabuklah!

Bahagia itu hanya sensasi saraf saat ditonjok endorfin dan aliran darahmu banjir serotonin. Tak ada hal apapun di dunia yang bisa membuatmu bahagia kecuali dirimu sendiri dan otak yang memproduksi endorfin dan serotonin. Tuhan sudah menciptakan manusia sebegitu sempurna. Manusia tidak butuh apa-apa kecuali dirinya sendiri dan Penciptanya untuk bahagia.

Pertanyaan berikutnya hadir lagi, bagaimana kalau semua paradoks di atas gagal, masih belum bisa menghadirkan kebahagiaan? Atas perntanyaan seperti ini saya hanya bisa memberikan pilihan terakhir. Menabunglah yang banyak untuk bekal. Kalau sampai detik ini kamu masih belum bahagia juga berarti ada sebuah rindu luar biasa yang tertahan dan harus dilampiaskan. Ada sesuatu yang ingin kamu tanyakan dan kamu benar-benar butuh jawaban. Menabunglah dan pergilah ke tanah suci. Menangislah sejadi-jadinya di sana. Ungkapkan rindumu yang luar biasa itu. Berteriaklah, teriakan pertanyaanmu dengan lantang. Aku yakin kamu pasti akan merasa bahagia. Insya Allah.

Jika masih belum bahagia juga?... tanyakan pada diri kamu sendiri, apakah kamu masih layak disebut manusia?

NB: semoga kamu bahagia kawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HANYA SEBUAH DOA SEDERHANA

“Aku hanya ingin sebuah kehidupan yang jujur dan sederhana. Sesederhana dan sejujur kopi hitam yang kusesap saat hari gerimis.” E-mail itu aku terima sekitar tiga bulan lalu. Tak pernah ada firasat sebelumnya kalau e-mail yang sederhana itu akan mengantarkan hidupku ke dalam sebuah potongan cerita tentang kehidupan yang sedemikian rumit.             Jam sebelas malam, gerimis sejak sore. Dengan perasaan malas tapi dipaksa perut yang lapar akhirnya aku melangkah juga dari kamar kost tiga kali dua meter yang pengap ini. Tujuanku jelas, nasi goreng Bang Anwar, karena hanya di sanalah aku bisa berhutang malam-malam begini dan juga ada wifi gratisan yang bisa aku tebeng . Lumayan, aku bisa mengecek      e-mail dan facebook sekalian browsing . Siapa tahu ada informasi lowongan kerja yang bisa aku lamar.             Menyedihkan memang, di zaman yang katanya serba canggih dan era digital tanpa batas ini, tetap saja aku harus bersusah payah nebeng hotspot tetangga untuk sek

MEREKAM KENANGAN: DEMENSIA

MEREKAM KENANGAN 1 Terima kasih banyak unuk keluarga, para sahabat, guru-guru dan mantan kekasih yang sudah bersedia menjalani banyak kenangan pahit dan manis bersama. Semoga dengan saya menuliskan cerita ini bisa membangkitkan  simpul-simpul kenangan yang sempat terlupa. Sebagian besar kisah dalam cerita ini -mungkin- pernah terjadi dalam hidup saya atau mungkin juga hanya fantasi dan reaksi alam bawah sadar saya yang secara langsung atau tidak langsung tidak bisa saya filter lagi karena penyakit yang saya derita ini.             Dua hari yang lalu aku terlambat sampai ke tempat kerja. Masalahnya sederhana, di perempatan jalan terakhir menuju ke tempat kerjaku tiba-tiba saja aku salah membelokkan motor yang aku kendarai, akibatnya aku harus memutar jauh dan terjebak kemacetan yang biasanya aku hindari. Sampai di tempat kerja aku menebak-nebak kenapa aku sampai bisa salah belok, apakah aku melamun? Padahal jalur yang aku tempuh sudah enam tahun lebih aku lalui, sampai aku h

MEREKAM KENANGAN: UNTUK DIA

MEREKAM KENANGAN 3 Kutuliskan cerita ini untuk mengenang satu nama. Jakarta. Siapa sih orang di Indonesia yang tidak mengenal nama kota ini? Jakarta yang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Jakarta yang walaupun sumpek tetap saja menjadi magnet orang-orang untuk mencari peruntungan. Jakarta, yang sejak lahir sampai sekarang menjadi tempat saya hidup. Dan, di kota inilah semua cerita ini bermula. Langit sore di bulan Juli itu redup, angin gemuruh. Di sebelah selatan tampak awan hitam mulai berarak. Sesekali kilatan petir tampak diiringi suara guruh yang samar. “Buruan baris! Wooiii…. Pada ngapain ngumpul di situ?” Tidak jelas suara teriakan siapa, yang aku tahu itu pasti salah satu seniorku. “Ini cewek tengil amat. Mau beken di sini, hah?” Tiba-tiba saja semua mata menatap ke satu titik yang di tuju. Seorang gadis berkulit putih dengan rambut lurus berponi sedang bersandar di pagar sekolah. Hari ini adalah hari terakhir Masa Orientasi Siswa di salah s